Natural Labor Process of Darren Nathanael Josep

Postingan ini mengenai proses kelahiran my lil baby Darren Nathanael Josep.

Setelah mengandung dan bawa perut kemana selama 9 bulan (lebih malah), it’s time to deliver… pertama saya agak was- was juga karna ga ada tanda- tanda sama sekali, entah itu kontraksi (mo palsu ato yg beneran), mules ataupun bloody show. Soalnya menurut hasil USG 23 Sep’07 adalah minggu ke 38 kehamilan saya yang artinya Darren kemungkinan bisa saja lahir di hari yg disebutkan diatas.

24 Sep’07 saya kembali kontrol ke dokter untuk periksa kondisi Darren di dlm rahim… indeks ketuban 9,21 kondisi ok termasuk CTG (rekam detak jantung bayi) kalo sampe minggu depan ga ada kontraksi maupun pembukaan terpaksa saya harus di induksi (ough…. No way!!! Sakit bgt tau!!! Aduh takuuuttt!!!! ))) pulang dr dokter saya jalan2 ngiterin carre4 sampe cape… hihihihi…

26 Sep’07 pas bangun pagi, saya ngrasa ada cairan yg rembes…( hmm… apa ini yg namanya ketuban??? ) akhirnya saya putuskan untuk kontrol ulang ke dokter. Menurut kertas lakmus, itu bukan cairan ketuban… (huh… jadi Cuma semacam keputihan yg sangat encer…) trus sama dokternya dibersihin deh , tapi beneran deh proses pembersihannya itu lbh sakit dr periksa dalem… trus Darren di USG , indeks ketuban berkurang jadi 8,6… hmm, jadi was2 neh…

27 Sep’07 subuh jam 4 saya kedapan flek sebanyak 2 titik. Awalnya saya cuek aja, palingan false labor… akhirnya saya kembali tidur.

Jam 5 subuh rasanya badan ini ga enak, kebetulan biasanya saya bangun jam segini untuk pipis. Dan alangkah terkejutnya saya waktu mendapati celana dalam saya sudah penuh darah bercampur lendir. Saat itu juga saya yakin akan terjadi kontraksi, lalu saya memberitahu suami saya yang tertidur pulas. Memang kontraksi belum begitu terasa sehingga suami saya memutuskan untuk kembali tidur lagi. Sedangkan saya dengan harap2 cemas menghitung lamanya kontrkasi. Saya mendapati kontraksi sudah 10 menit sekali. Rasanya seperti sakit pada saat haid. Akhirnya saya memutuskan untuk sarapan pagi (saya masih sempat menyiapkan sarapan pagi sendiri dengan santainya) dan memasak air untuk mandi sebelum saya berangkat ke rumah sakit. Kemudian saya bangunkan suami untuk siap2 mengantar saya ke rumah sakit.

Jam 9 pagi saya meluncur ke rumah sakit dengan jarak kontraksi tiap 5 menit sekali. Rasanya pun masih sama seperti nyeri haid.

Jam 9.30 saya sampai di rumah sakit dan menuju kamar bersalin dengan santainya. Di ruang observasi, bidan jaga memriksa bukaan saya yg ternyata sudah bukaan 2-3. rasanya asoy sekali di tengah2 kontraksi saya diperiksa dalam… untung saja saya tidak mengejan… hihihihi Lalu obgyn saya datang untuk memeriksa bukaan setelah saya di CTG (aduh, ketuban saya pecah waktu obgynnya periksa dalam… disini bukaan saya sudah 5) ini yg menyebabkan kontraksi makin kuat, makin pendek dan susul menyusul. Kata obgyn seh bakalan 8 jam lagi saya baru melahirkan (duh, kok lama bgt …) Saya diharuskan pup agar jalan lahir makin besar.

Jam 12 siang rasanya sudah teramat sangat ingin pup, saya minta bidan jaga untuk periksa bukaan lagi, ternyata sudah bukaan 8-9 … wah cepet juga ya…. Thank God!!! Dan akhirnya bukaan itu sempurna. Setelah beberapa kali mengejan (yg salah & benar) akhirnya lahirlah Darren Nathanael Josep tepat jam 13.00 dengan berat 3,2 kg dan panjang 50cm.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s