My 1st 5K

10846507_10152841527604831_6872232769352686180_n

Waktu sekolah, olahraga kesukaan saya adalah main basket πŸ™‚

Saya gak pernah suka tuh yang namanya lari! Kenapa? Karena saya gak punya napas yang kuat, ngos-ngosan, kaki pernah cedera dan bermacam alasan lainnya.

Padahal sama aja kan ya main basket sama lari, sama-sama ngos-ngosan :p Cuma bedanya main basket itu dilakukan berkelompok jadi berasa ada temennya sedangkan lari, sendirian (karena suami saya gak kuat lari dan jantungnya kadang-kadang suka ngadat :p) dan rasanya membosankan. Mungkin itu yang membuat saya alergi sama lari πŸ˜€

Setelah kuliah-kerja-nikah-punya anak, saya udah jarang banget olahraga. Efeknya, jadi gampang capek walaupun berat badan saya selalu stabil tapi rasanya gak punya energi untuk menjalani hari! Padahal saya perlu energi lebih untuk menjalani peran sebagai seorang istri, ibu dan perempuan bekerja! Akhirnya setelah melihat mamarunners, saya jadi termotivasi untuk lari karena kepengen sehat, punya energi lebih banyak untuk menjalani peran saya dan olahraga yang paling mudah dilakukan karena cukup bangun lebih pagi, pake sepatu dan baju olahraga dan LARI! Gak perlu embel-embel nembus macet untuk menuju tempat gym :p

Akhirnya saya mencoba rutin berlari di pagi hari saat week days, karena kalau habis kerja baru lari rasanya udah males karena capek. Sedangkan kalau saat week end, tergantung seberapa sempat saya punya waktu untuk lari lagian juga week end jadi waktu untuk istirahat. Efek dari rutin lari, saya jadi lebih segar, napas jadi lebih panjang walaupun awal lari cuma dapet 200 meter non stop πŸ˜€

Dari 200 meter itu, saya mulai meningkatkan jarak yang harus dicapai dengan berlari non stop! Rasanya, alamak susah bener! Mulai dari bangun pagi lebih awal, lari sendirian, di lingkungan rumah yang warganya gak doyan lari, sometimes I want to quit! Tapi karena merasakan lebih banyak manfaatnya maka saya jatuh cinta sama lari! Dari lari, saya belajar untuk fokus pada tujuan dan target yang mau dicapai, belajar “menaklukkan diri sendiri”, percaya bahwa saya mampu, dan bonusnya kulit berseri-seri πŸ™‚

Lalu tiba-tiba, suatu hari sahabat TUM saya, ChikaΒ ngajak untuk ikutan Anlene 5K Fun Run, langsung saya mengiyakan! Kepengen aja membuktikan bahwa saya mampu lari sampai 5K dan dapet finisher medal :p

Persiapan untuk 5K pertama saya: LATIHANΒ selama satu bulan! Pepatah “Practice makes perfect” gak pernah ketinggalan jaman, saya mulai berlatih rutin untuk mencapai jarak 5K. Jarak awal 1K, hari selanjutnya 1,3K, lusa ditambah lagi menjadi 1,5K…. Saya menetapkan target jarak sedikit demi sedikit untuk menghindari cedera. Sayang kan kalau pas hari H ternyata gak bisa ikutan lantaran cedera karena latihan terlalu dipaksakan πŸ™‚

Long story short, Anlene 5K Fun Run tiba!

1901152_10152841530504831_766692115890665498_n

Lari diadakan pada 7 Desember 2014, dengan garis start di Monas. Kami (saya, Chika, Zata, Eka dan Dian) janjian ketemu di venue dan foto dulu dong sebelum lari πŸ˜€

B4NzICgCQAAodDk

Saya mulai berlari dengan Chika, ibu dua anak yang staminanya oke punya! Chika konstan berlari, gak kayak saya yang masih dicampur jalan πŸ˜€ dan kami finish bersamaan πŸ™‚ Senang banget rasanya! Ternyata, saya yang udah pernah cedera mata kaki dan lutut gampang sakit telah membuktikan bahwa saya bisa berlari sejauh 5K dengan kondisi baik-baik saja πŸ™‚

10403111_10152660795819538_2912284166093618452_n

Terima kasih Chika dan TUM, lain kali saya mau diajak untuk ikutan lari lagi πŸ™‚

– @HoneyJT-

2 thoughts on “My 1st 5K

  1. Pingback: Lari Untuk Amal Sosial | Live Well. Love Much. Laugh Often

  2. Pingback: Mindful Lifestyle | Live Well. Love Much. Laugh Often

Leave a Reply

