Lari Untuk Amal Sosial

Baru beberapa tahun belakangan ini saya keranjingan lari. Gak nyangka juga kalau saya bisa menyelesaikan lari 5K dengan sehat walafiat 🙂

Lari merupakan olahraga yang gampang banget untuk dilakukan, apalagi sekarang udah banyak komunitas lari yang bisa kita ikuti supaya tambah semangat lagi larinya. Salah satunya pelopor komunitas lari di Indonesia, IndoRunners yang didirikan sejak 2009 dengan total jumlah anggotanya mencapai 65.000 pelari dari tingkat pemula hingga profesional.

Indorunners, memiliki divisi amal dan sosial yang dinamakan LUAS (Lari Untuk Amal Sosial) dengan visi “Run for others. Run for a cause”. LUAS dimulai di tahun 2012 dan telah melakukan kegiatan-kegatan amal sosial yang terkait kegiatan lari dan melibatkan pelari individual dan kelompok.

20160511_161135

Tahun 2015, LUAS berhasil mengumpulkan 1 juta kilometer untuk seribu beasiswa SMA di Provinsi Jawa Tengah. Nah, tahun ini, Lari Untuk Amal Sosial (LUAS) menargetkan 500.000KM per tahun dalam kurun waktu 4 tahun (total 2 juta KM lari yang ditukar dengan Rp6.000.000.000) untuk 100 beasiswa sarjana bagi anak muda Indonesia.

20160511_165637

Holip Soekawan, inisiator LUAS menyampaikan, “Kali ini LUAS bertujuan untuk mencetak sarjana-sarjana baru di Indonesia mengingat data bahwa kurang dari 25% anak muda Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Melalui LUAS, IndoRunners terus mengajak masyarakat Indonesia untuk sehat dengan berlari, sekaligus berkontribusi bagi pendidikan Indonesia. Pelari banyak yang mengartikan kehidupan sebagai sebuah marathon, begitu juga dengan pendidikan.

Berbeda dengan sebelumnya, IndoRunners  meluncurkan #lari100sarjana Comunity Challenge yang mengundang regional komunitas-komunitas lari lainnya serta individu dari masyarakat yang akan berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober. Reza Puspo, Founder IndoRunners, menambahkan, “Tantangan ini bertujuan untuk menginspirasi lebih banyak individu utnuk berpartisipasi dalam gerakan LUAS, terutama para komunitas lari di Indonesia. Kami mengundang para pendonor kilometer di seluruh Indonesia untuk bergabung dalam gerakan ini.”

“Gerakan #lari100sarjana merupakan kolaborasi kedua kalinya antara PT Pan Brothers Tbk , sebuah perusahaan manufacturing garment terbesar di Indonesia yang sudah gopublic dengan IndoRunners. PT Pan Brothers Tbk ingin terus berkontribusi sebagai salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility untuk membantu anak muda Indonesia bisa melanjutkan pendidikan mereka sampai tingkat universitas sambil mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat,” ujar Ibu Anne Patricia Sutanto, Wakil Presiden Direktur PT Pan Brothers Tbk.

Gimana dong caranya untuk ikutan?

Langsung aja meluncur ke steelytoe.com sebuah aplikasi buatan anak negeri yang mencatat donor kilometer secara virtual.

Let’s Run For A Cause!

Mari Lari,

@honeyjosep

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s