UNEASY

Beberapa tahun lalu, saat twitter sedang heits, saya pernah mengalami ditipu saat berbelanja online.

Ceritanya, saya melihat sebuah akun online shop yang menawarkan sebuah baju dengan harga terjangkau sehingga saya tertarik untuk membelinya. Saya menghubungi akun tersebut dan mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan.

Hari pun berlalu dan barang pesanan saya tidak kunjung datang, sekali dua kali saya menanyakan kabar pesanan saya…. jawabannya selalu sama “masih dalam proses”

Dua minggu kemudian, pesanan saya tak kunjung datang dan akun twitter online shop  tersebut telah berubah!

Tentu saja berubahnya akun tersebut memberikan tanda tanya buat saya, kalau dia ga ada maksud untuk menipu kenapa sampai ganti nama segala?

Setelah saya cecar di media sosial barulah akhirnya dia mengakui kalau barang yang dia tawarkan sebenarnya persediaannya tidak ada. Lha, kalo stock  ga ada dan dia punya niat baik seharusnya langsung menghubungi saya dan mengembalikan uang saya dong?! ini koq malah diem-diem aja…..

Bersyukur, setelah itu uang saya dikembalikan dengan tidak utuh lagi… ya biarlah walau tidak utuh yang penting kembali bukan?

Nah, beberapa minggu lalu saya mengalami masalah, lagi lagi tentang belanja online.

Begini ceritanya,

Selasa, 6 Desember 2016, saya mendapatkan newsletter  dari blibli salah satu ecommerce yang saya paling percaya, bahwa ada penawaran menarik berupa “7 Hours Super Deal”. Saya langsung meluncur ke website blibli dan mencoba login untuk melakukan transaksi. Saya yakin sekali kalau semua informasi yang diperlukan telah diketik dengan benar namun ternyata akun saya sudah di-hack!

Saya mencoba untuk meng-klik tombol “Lupa kata sandi” dengan harapan ada e-mail yang akan dikirimkan ke e-mail saya berupa reset password link. Namun nyatanya, e-mail yang tertera untuk pengiriman reset password link  bukanlah e-mail saya!

akun-blibli

e-mail yang bukanlah milik saya tapi milik hacker sialan itu

Saya mencoba untuk menghubungi customer service blibli  agar bisa memblokir e-mail si pelaku dan mengembalikan akun saya yang rewardnya sudah puluhan ribu! Namun pihak blibli agak lambat dalam merespon sehingga saya ketinggalan kesempatan untuk mengikuti harbolnas! Gemas bukan main!

Reward tersebut saya kumpulkan dengan susah payah dengan memberikan review  terhadap produk yang saya beli di blibli.

Akhirnya, saya meminta bantuan salah seorang teman yang kebetulan bekerja di blibli untuk mengoper kasus saya langsung ke bagian IT blibli…..

Minggu, 11 Desember 2016, hacker sialan itu menggunakan reward saya sebesar Rp150.000 untuk membeli sepasang sepatu Catenzo Kets Black Line Cream Sepatu Pria (41.0) seharga Rp207.000 sehingga hacker sialan itu cukup membayar Rp57.000

Ini data hacker sialan itu:

Aris Sarjono
Jalan Parangkesit RT. 03 RW.17
Ngruki, Cemani
Grogol, Sukoharjo 57552
Telp. 081225313504

*Silakan ambil reward blibli saya yang seharga Rp150.000 ya, tapi ingat hukum tabur tuai dan karma berlaku…. mau beribadah seperti apa pun tidak akan bisa menghapus dosa yang sudah Anda lakukan kepada saya. Semoga Tuhan tidak mengambil Rp150juta dari kehidupan Anda ya   🙂

Selasa, 13 Desember 2016 saya baru bisa mendapatkan akun blibli saya kembali dengan kata sandi yang baru.

Lesson learned. Saya harus lebih berhati-hati lagi untuk berbelanja online!

unnamed

Mudah-mudahan ga ada lagi korban si Aris Sarjono ini ya, cukup saya saja!

3 thoughts on “UNEASY

  1. baca artikelmu sampe nahan nafas aku mbak. Ya ampun jahat banget sih tu orang ya. Udah coba stalking medsosnya si aris ini mbak? Sekedar iseng pengen tau orangnya kayak gimana gitu. Semoga gak kejadian lagi ya mbak, cukup 1 kali aja.

    Like

Leave a Reply

