Buat Paspor Baru Tanpa Calo

WhatsApp Image 2018-01-07 at 20.35.44

Saya teringat empat tahun lalu membuat paspor untuk pertama kalinya untuk bepergian ke luar negeri.

read more: Negara Nyembur Banyu

Saat itu, saya harus datang ke kantor imigrasi terdekat dan mengambil nomor antrean yang dibatasi setiap harinya. Untuk mendapatkan nomor antrean pembuatan paspor, pemohon diharuskan datang mulai dari subuh sampai jam 7 pagi.

Saya berbagi tugas dengan suami dalam hal antrean pembuatan paspor. Suami mengantre ketika subuh dan saya mengurus Darren yang akan berangkat ke sekolah. Setelah Darren dijemput mobil jemputan sekolah, barulah saya menyusul suami di kantor imigrasi.

Nomor antrian sudah di tangan, dengan dokumen lengkap kami menunggu untuk dipanggil petugas imigrasi. Setelah berkas diserahkan kepada petugas, kami mendapatkan resi pembayaran biaya paspor senilai Rp255.000 (Dua Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah).

Proses belum selesai. Kami harus membayarkan biaya pembuatan paspor terlebih dahulu ke bank yang ditunjuk dan kembali ke kantor imigrasi dengan mengantre seperti proses di atas hanya untuk menyerahkan bukti pembayaran, diwawancara dan merekam foto paspor. Dan paspor bisa diambil setelah beberapa hari kemudian. Sungguh proses yang panjang untuk membuat sebuah paspor.

Bulan Oktober 2017, saya kembali membuat paspor untuk anak bungsu saya, Dre beserta dengan orang tua saya. Saya sudah membayangkan betapa riweuh-nya membuat paspor dengan proses seperti di atas. Saya sempat bertanya kepada teman yang berhasil membuat paspor secara online. Saat itu, dia mengunduh semua dokumen yang diperlukan kedalam situs imigrasi. Keberhasilan pengunduhan dan ini sangat dipengaruhi oleh kekuatan data internet. Penasaran dengan cara yang cukup praktis, saya pun mencoba ingin mengunduh dokumen di situs imigrasi.

Dan ternyata kalau sekarang ingin membuat paspor baru, kita tidak perlu lagi mengambil nomor antrean di imigrasi. Kita hanya perlu mengantri paspor secara online melalui situs https://antrian.imigrasi.go.id/Layanan/ .

Teman-teman hanya perlu melakukan pendaftaran dengan menggunakan email dan memasukkan nomer identitas penduduk. Di situs tersebut, kita dapat memilih imigrasi terdekat yang bisa didatangi serta tanggal dan jam yang dapat disesuaikan dengan jadwal harian kita. Saya memlih jam antrean setelah Dre selesai sarapan dan power nap di pagi hari.

Lalu, bagaimana selanjutnya proses pembuatan paspor baru di kantor imigrasi?

Pertama, bawalah nomor antrian yang kita dapatkan saat mendaftar melalui situs antrean online dan tukarkan nomor antrean tersebut di petugas. Dari sana, petugas akan mengatur antrean agar lebih tertata.

Kedua, setelah mengantri, teman-teman dapat mengisi formulir yang dibutuhkan untuk membuat paspor. Agar menghemat waktu, teman-teman dapat mengambil formulir tersebut di imigrasi terlebih dahulu sehari sebelumnya dan mengisinya di rumah. Hal ini dilakukan agar saat tiba di imigrasi, kalian sudah siap dan tidak perlu repot mengisi formulir.

Ketiga, pakai pakaian yang nyaman dan bukan berwarna putih. Proses pembuatan paspor baru kini lebih efisien karena setelah menyerahkan dokumen ke loket, teman-teman akan langsung diwawancara serta difoto. Selanjutnya, kalian mama akan  diberikan resi pembayaran pembuatan paspor seharga Rp355.000 (Tiga Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah) dan pulang ke rumah.

Keempat, teman-teman dapat membayar pembuatan biaya paspor melalui ATM. Bukti pembayaran dapat diberikan kepada imigrasi bersamaan dengan pengambilan paspor baru yang telah selesai dalam kurun waktu 4-5 hari kerja.

Seneng deh kalau sekarang mau bikin paspor itu semakin mudah. Kabarnya, untuk kalian yang perlu melakukan perpanjangan paspor lama, teman-teman bisa melakukannya di Mal Pelayanan Publik yang bertempat di daerah Kuningan, Jakarta Selatan.

Selamat merencanakan liburan!

read more: Tour de Asia

42 thoughts on “Buat Paspor Baru Tanpa Calo

  1. Aku coba yang aplikasi antrian paspor itu ternyata kuotanya sudah habis untuk wilayah Jakarta, Depok, dan Bogor hingga minggu keempat Januari, Wah hebat juga minat warga jakarta untuk mengurus paspor.

    Like

  2. Kalau di Bogor sekarang malah harus pesan dulu via Whats App (WA). Ciyus. Ini kebijakan baru tahun 2018 ini. Kemarin mendaftarkan untuk dua bocils, dapat waktu datang jam 11 siang tanggal 17 Januari . Jadi rada ada kelemahan juga, kalau yang mau cepat, dapat jadwal lain. Tapi yg jelas dengan jadwal yang pasti, ga perlu ngantri. Siapin aja bocils tanggal tersebut n kita cuti. ;D

    Like

  3. Padahal sistem yang dulu sudah memudahkan, tapi sayang sistemnya dirombak dan jadi sistem yang baru ini.

    Mudah-mudahan aja ya semuanya jadi dipermudah dan sistem layanannya bs lebih konsisten biar gak bingung lagi.

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

    Like

  4. aku juga kemarin bikin aplikasi cepet langsung foto dan bayar empat hari kemudian ambil di loket juga cepet lebih nyaman dan praktis pilih tanggal sesuai waktu yang bisa 🙂

    Like

  5. Pingback: Merencanakan Liburan Keluar Indonesia | Live Well. Love Much. Laugh Often

Leave a comment