Proses Perpanjangan Paspor

Mungkin 10 tahun lalu, ada keengganan untuk saya mengajukan paspor. Alasannya, karena administrasinya berbelit, biaya mahal karena banyak biaya siluman serta dipersulit. Tapi 5 tahun lalu, mau tidak mau saya harus membuat paspor untuk kelengkapan perjalanan wisata bersama keluarga besar QM Financial melalui kantor imigrasi terdekat dengan domisili tempat tinggal.

Setelah 5 tahun berlalu, saya perlu memperpanjang paspor lagi. Sebenarnya saya ingin sekali mencoba memperpanjang paspor di Mal Pelayanan Publik namun kuota selalu habis. Akhirnya, saya kembali memperpanjang paspor di kantor imigrasi.

Pertama, saya mendaftarkan diri melalui layanan antrian paspor online yang bisa diunduh dari playstore. Antrian layanan paspor online dibuka setiap Jumat jam 14:00 dan kamu bisa memilih kantor imigrasi atau MPP terdekat denganmu sesuai dengan tanggal keinginanmu membuat atau memperpanjang paspor.

WhatsApp Image 2019-04-08 at 15.39.39

Oh iya, kalau kalian ingin membuatkan atau memperpanjang paspor buat orangtua yang berumur di atas 60 tahun maka kalian bisa langsung datang ke kantor imigrasi untuk mengambil antrian khusus untuk orangtua. Kuotanya hanya sekitar 20 nomor antrian setiap harinya.

Kedua, setelah mendapatkan nomor antrian paspor secara online, saya mempersiapkan dokumen dan fotokopinya. Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Fotokopi Kartu Tanda Pengenal (KTP)

Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Fotokopi Akte Kelahiran/ Surat Nikah/ Ijazah Terakhir (pilih salah satu)

Bawa kelengkapan dokumen, pulpen bertinta hitam, meterai dan tatakan untuk menulis.

Ketiga, datang pada waktu dan tempat pelayanan paspor yang dipilih sesuai dengan antrian paspor online dengan dokumen di atas dan aslinya. Datanglah dengan memakai pakaian bewarna selain putih. Setibanya di kantor imigrasi atau MPP, tunjukkan jadwal antrian paspor kepada petugas, dan petugas akan memberikan formulir pengajuan paspor yang perlu dilengkapi dengan menggunakan pulpen bertinta hitam.

WhatsApp Image 2019-04-08 at 16.08.31

Formulir pengajuan paspor yang harus diisi dengan tinta pulpen bewarna hitam

Ingat juga untuk mengisi formulir pengembalian paspor lama terutaa buat kalian yang memiliki visa Schengen atau Jepang yang bisa dipakai untuk masuk ke negara Asia lainnya.

WhatsApp Image 2019-04-08 at 16.08.31(1)

Formulir pengajuan pengembalian paspor

Setelah mendapatkan formulir tersebut, ambil nomor antrian untuk dipanggil menyerahkan formulir beserta dokumen yang diperlukan. Nomor antrian yang sama juga berlaku untuk dipanggil menuju ruangan foto dan wawancara.

Keempat, pemanggilan untuk foto dan wawancara. Rileks saja saat mau difoto dan diwawancara. Di sini kalian akan mendapatkan perintah pembayaran atas perpanjangan paspor yang kalian lakukan.

Kelima, pembayaran biaya pembuatan paspor biasa senilai Rp366.000 di ATM terdekat. Setelah mendapatkan perintah pembayaran, kalian bisa langsung membayarkan di ATM terdekat karena tanggal selesai paspor terhitung 14 hari kerja setelah biaya paspor dibayarkan.

Keenam, pengambilan paspor. Akhirnya penantian 14 hari kerja pun berakhir sudah! Kalian bisa mengambil paspor dengan berbekal bukti pembayaran dan surat perintah bayar. Saat kalian menerima paspor baru, perhatikan isinya apakah sudah benar atau masih terjadi kesalahan…. supaya bisa langsung diperbaiki kalau ada yang salah dan ingat juga paspor lamamu.

Nah, mudah bukan proses perpanjangan paspor?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s