Pengajuan Visa Taiwan Gratis dan Berbayar

Sudah satu bulan saya kembali ke tanah air setelah selama 8 hari keliling Taiwan. Awalnya saya sempat ragu untuk mewujudkan janji saya kepada kedua orang tua untuk menemani mereka ke Taiwan tapi ternyata semua jalan saya dimudahkan dan dilancarkan oleh Tuhan. Berawal dari perpanjangan paspor yang mulus sampai persetujuan visa kedua orang tua. Di artikel ini, saya akan membeberkan cara mendapatkan visa Taiwan bagi Warga Negara Indonesia (WNI).
Perlu kamu ketahui bahwa Taiwan tidak memiliki perwakilan diplomatik (kedubes) di Indonesia tetai hanya diwakilkan oleh The Taipei Economic and Trade Office (TETO). TETO adalah kantor pemerintahan Republic of China (Taiwan) di Indonesia yang mengurus kepentingan Taiwan dan untuk mempromosikan hubungan bilateral antara Indonesia dan Taiwan. Mengapa tidak ada kedubes Taiwan di Indonesia? Karena paham Satu Tiongkok yang menyebabkan hanya salah satu negara Tiongkok (China VS Republic Of China) yang diakui oleh bangsa lain termasuk Indonesia. Jadi kalau Indonesia mengakui China maka tidak ada kedubes R.O.C dan sebaliknya, kalau Indonesia mengakui R.O.C maka tidak ada kedubes China.

Setidaknya, ada 3 cara pengajuan visa Taiwan yaitu free online visa, paid online visa dan paid offline visa yang bisa diajukan melalui TETO. Di artikel ini saya hanya akan membahas pengajuan visa Taiwan yang free online visa dan paid online visa.

Free Online Visa
Total ada 13 jenis visa yang dikeluarkan oleh TETO dan ada 46 negara yang bisa bebas visa saat mengunjungi Taiwan, antara lain:

Benua Negara
Amerika Selatan Republik Chili
Amerika Utara Amerika Serikat, Kanada
Asia Israel, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura
Australia Australia, Selandia Baru
Eropa Andorra, Austria, Belanda, Belgia, Bulgaria, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Inggris Raya, Irlandia, Islandia, Italia, Jerman, Kroasia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Malta, Monaco, Norwegia, Polandia, Portugal, Prancis, Republik Ceko, Rumania, San Marino, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Vatikan

Walau Indonesia tidak masuk ke dalam daftar negara bebas visa untuk kunjungan ke Taiwan, tapi kamu sebagai WNI tetap bisa mendapatkan visa secara gratis apabila kamu memiliki visa atau izin tinggal dari negara Amerika, Jepang, Korea, Australia, Selandia Baru dan Uni Eropa yang masih berlaku dengan hanya mengisi formulir online di website National Immigration Agency of Taiwan.

Dan karena saya sudah memiliki visa Schengen (Uni Eropa) yang terbit Mei 2018, maka saya bisa bebas visa masuk ke Taiwan dengan mengisi Travel Authorization Certificate di National Immigration Agency Ministry of the Interior https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/doForm
Seperti ini alurnya:

cara-buat-visa-taiwan-03
Setelah diisi lengkap maka kamu akan langsung bisa mencetak Travel Authorization Certificate sebagai dokumen pengganti visa untuk memasuki Taiwan. Ingat untuk menyelipkannya dekat paspormu agar saat ditanyakan petugas imigrasi kamu tidak kebingungan.

WhatsApp Image 2019-07-18 at 14.47.49

Paid Online Visa
Selanjutnya, karena saya akan berkunjung ke Taiwan bersama orangtua saya yang belum pernah memiliki visa mana pun, maka saya harus mengajukan visa berbayar melalui situs https://visawebapp.boca.gov.tw/BOCA_MRVWeb/subroot/MRVWeb0_form.jsp

Saya pun mengisi seluruh data yang diperlukan dan setelah mendaftar pengajuan visa Taiwan secara online, mencetak sert ditandatangani untuk dibawa ke TETO keesokkan harinya.
WhatsApp Image 2019-07-18 at 14.51.26
Selain formulir pengajuan ini, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus diserahkan kepada petugas administrasi yaitu,

  • Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
  • 2 lembar pasfoto ukuran 4×6 dengan latar belakang putih
  • Surat Keterangan Kerja (karena kedua orangtua saya tidak bekerja maka memakai Surat Keterangan Kerja saya)
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  • Paspor (asli dan fotokopi)

Setelah petugas administrasi memeriksa seluruh kelengkapan dokumen untuk pengajuan visa Taiwan sambil diwawancara sedikit perihal keperluan mengunjungi Taiwan, orangtua saya diberikan secarik kertas yang berisikan nominal visa yang harus dibayarkan ke kasir di lantai yang sama dengan penyerahan formulir.

Biaya visa Taiwan yang saya bayarkan sebesar Rp650.000 per orang dan visa dapat diambil beberapa hari kemudian dengan menunjukkan kertas yang berisikan nominal biaya visa seperti tersebut di atas.

Nah, mudah bukan membuat visa Taiwan? Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu jadi berani untuk menjelajahi Taiwan ya πŸ™‚

 

Advertisements

24 thoughts on “Pengajuan Visa Taiwan Gratis dan Berbayar

  1. Ternyata bisa juga ya dpt visa gratis, hny krn keterikatan dg visa lainnya yg sdh dimiliki sblmnya. Berarti cari lagi visa gratis dr keterikatan dg visa taiwan mbk, heeee… Lumayan yg taiwan hemat 650K.. Worth it bgt y.. Kamu keren..suka deh.

    Like

  2. Mba hani, pulang kampung kah? Asik banget jalan jalan bareng orang tua…terimakasih informasinya..semoga saya juga bisa sebera kesana setelah membaca tulisan mba hani..

    Like

  3. aq belum pernah buat visa sendiri mbak tiap kali jalan dptnya dari kantor jadi orang kantor yang urusin, tapi ini lengkap banget infonya, jadi kalau nanti ada rejeki ke taiwan bisalah baca2 dari sini btw baca cerita visa taiwan jadi inget jajanan di mall deket rumah yang berasal dari taiwan duuuuhhh antrinya kebangetan.

    Like

  4. Simpan artikel ini deh, siapa tahu suatu hari saya bisa liburan ke Taiwan. Pengen sih k sana, soalnya sering lihat Taiwan itu banyak juga destinasi wisatanya yang bagus. Lihatnya sih di drama-drama Taiwan gitu.

    Like

  5. Pingback: Pengajuan Visa Taiwan Gratis dan Berbayar β€” Live Well. Love Much. Laugh Often – Truth Troubles

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s